Contoh Teks Berita Singkat Tentang Kecelakaan (5W1H)

Contoh Teks Berita Singkat Tentang Kecelakaan (5W1H) – Berita adalah laporan tentang suatu kejadian atau peristiwa. Menurut Charniey, ia mengungkapkan bahwa berita adalah laporan yang disampaikan secara cepat mengenai suatu kejadian yang faktual, penting, menarik dan juga bisa menyangkut kepentingan banyak orang. Selain itu ia juga mengatakan bahwa berita juga merupakan sebuah laporan kejadian terkini yang sangat penting yang harus disampaikan pada orang banyak. Berita bisa kita ketahui dari berbagai media contohnya saja bisa melalui televisi, radia, koran dan bahkan internet.

Pedoman cara penulisan teks berita yang baik dan benar

Dalam membuat sebuah teks berita baik itu berita tentang kebakaran, kecelakaan ataupun contoh berita yang lainnya, kita harus menulis berita agar dalam penyajian berita ini sesuai dengan pedomannya. Rumus dalam menulis berita bagi seorang wartawan ataupun pembaca berita adalah 5 W + 1 H. Apakah kepanjangan 5W1H itu? Mungkin sebagian dari kalian sudah tau apa kepanjangan dari 5 W + 1 H. Sebenarnya itu merupakan singkatan dari pertanyaan bahasa inggris seperti : what, where, when, who, why dan how (Dalam bahasa indonesia apa, dimana, kapan, siapa, mengapa dan bagaimana).

  • What : Menanyakan apa yang diinformasikan
  • Where : Dimana peristiwa itu terjadi
  • When : Kapan peristiwa itu terjadi
  • Who : Siapa yang terlibat dalam peristiwa atau kejadian tersebut
  • Why : Mengapa peristiwa atau kejadian itu bisa terjadi
  • How : Bagaimana peristiwa atau kejadian itu bisa terjadi

Nah dari 5W+1H tersebutlah yang nantinya disusun dan kemudian dibuat menjadi satu menjadi teks berita, sehingga berita menjadi aktual, faktual dan dapat dipercaya.

Unsur-unsur penting dalam penulisan sebuah contoh teks berita yang baik dan benar

Dalam membuat berita kalian harus menyajikannya sesuai unsur-unsur yang ada, sebelumya juga pasti kalian pernah mendengar kata-kata Aktual, Faktual dan lain sebagainya ? Nah sebelum memberikan contoh teks berita saya akan membahas ini terlebih dahulu.
 Aktual  : Artinya adalah suatu unsur yang harus memiliki kekinian atau bisa dibilang terhangat dan terbaru atau baru saja terjadi. Dalam berita , berita yang disampaikan harus lah fresh dan baru dan yang banyak diperbincangkan banyak orang.
 Faktual  : Artinya adalah berita yang kita sajikan harus benar-benarr nyata dan juga benar-benar terjadi bukan sebuah rekayasa ataupun kebohongan. Karena berita ini pastinya dilihat dan didengarkan oleh banyak orang.

Kumpulan Contoh Berita 5 w 1 H

Contoh teks berita tentang kecelakaan

Rem Blong, Sebuah Mobil Mewah Menabrak Pembatas Jalan
Telah terjadi sebuah kecelakan hebat kemarin malam di Jalan Tol Cipali pada tanggal 4 Maret 2015, sebuah Mobil Mewah ini dikemudikan oleh seorang anak muda yang bernama Agus, dia mengemudikan mobilnya dengan kecepatan diatas 120 KM/Jam. Mobil bernomor polisi B 3641 AH itu menabrak sebuah pembatas jalan karena mengalami rem blong pada mobilnya. Mobil Ferarri berwarna merah itu untungnya tidak membuat kecelakaan hebat karena pada saat itu Tol Cipali terlihat macet dari arah sebaliknya. Untunya dalam kejadian ini tidak terjadi korban jiwa, hanya saja sang pengemudi mengalami luka berat dan kini masih di rawat di Rumah Sakit terdekat.

Contoh teks berita singkat tentang kebakaran

Akibat Lilin, Sebuah Rumah Hangus Terbakar Di Lalap Si Jago Merah
Sebuah kejadian tak terduga terjadi komplek perumahan Griya Jaya di Lampung kemarin malam jam 20.14 WIB . Rumah milik keluarga pak Hermana itu terbakar dan hangus tak tersisa. Peristiwa itu terjadi lantaran sang pemilik rumah yang menaruh lilinnya di atas lemari kayu miliknya. Untungnya saat kejadian itu sang pemilik rumah yaitu pak Hermana sedang pergi tahlilan di rumah tetangganya, sedangkan istrinya sedang pulang kampung. Dalam musibah itu, pak Hermana mengalami kerugian kurang lebih sekitar RP 765 Juta termasuk beberapa dokumen penting seperti Akta kelahiran, Ijasah dan surat-surat tanah miliknya.

Contoh teks berita singkat bencana alam banjir

Sungai Ciliwung Meluap, 2 Desa Terendam Banjir Setinggi 3 Meter
Terjadi banjir bandang disekitar sungai ciliwung, banjir tersebut diduga karena hujan yang turun sangat deras dari jam 19.00 WIB hingga pagi jam 09.00 WIB. 2 Desa teremdam dan banyak keluarga yang mengungsi di kampung sebelah. Sekitar 137 kepala keluarga kehilangan tempat tinggalnya karena banjir. Pemerintah segera memberikan bantuan berupa tempat pengungsian air bersih, makanan, minuman, obat-obatan dan pakaian. Sebelumnya juga pernah terjadi banjir di desa ini 2 tahun yang lalu, namun banjir tahun ini lebih besar dibandingkan tahun kemarin. Salah satu penyebabnya juga diduga karena masyarakat sekitarnya yang membuang sampah sembarangan di sungai ciliwung dan akhirnya terjadi banjir ketika hujan datang

Contoh teks berita singkat tentang politik di Indonesia

Persaingan Pencalonan Gubernur DKI Jakarta Semakin Memanas
Beberapa bulan kedepan Jakarta yang merupakan ibu kota Indonesia akan memilih wakil rakyat yaitu pemilihan Gubernur baru mereka karena masa jabatan Gubernur sebelumnya yang akan habis beberapa bulan kedepan. Dalam pencalonan dan pemilihan Gubernur Jakarta tahun ini akan sangat panas lantaran akan diisi oleh beberapa kandidat dari Partai Politik dan juga Independent. Beberapa calon diantaranya adalah Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih kita kenal dengan pak Ahok ini juga akan kembali mendaftar sebagai calon Gubernur Jakarta, kemudian juga ada bapak Yusril Ihza Mahendra. Sebelumnya sempat terjadi berita hangat lantaran sang walikota Bandung yaitu bapak Ridwal Kamil di gadang-gadang bakalan menjadi calon Gubernur DKI Jakarta, namun ia menolaknya. Selain itu hadir pula sang Musisi Ahmad Dhani yang juga ikut meramaikan calon pemilihan Gubernur DKI periode 2017-2022.

Demikian tadi kumpulan contoh teks berita singkat tentang kecelakaan, kebakaran, bencana alam banjir dan politik. Banyak sekali referensi yang bisa kalian cari contohnya saja di website Detik. Semoga contoh berita diatas berguna dan bermanfaat, jika dirasa ada yang salah dalam pemberian materi mohon berikan kritik dan sarannya di kolom komentar dibawah ini.