Contoh Cover Makalah Yang Benar Untuk SMA/Mahasiswa

Contoh Cover Makalah Yang Benar Untuk SMA/Mahasiswa – Makalah mungkin sudah tidak terdengar asing lagi para pelajar SMA ataupun mahasiswa yang biasanya selalu mengerjakan tugas atau laporan. Biasanya setiap melakukan praktikum ataupun tugas lainnya diwajibkan untuk membuat laporan ataupun makalah. Dalam membuat makalah harus diperhatikan aturan yang baik dan benar agar hasilnya terlihat rapi dan mendapat nilai yang bagus. Yang pasti dalam membuat makalah kita dilarang membuat makalah secara asal-asalan. Lalu apa pengertian makalah ?

 

Pengertian Makalah

Makalah adalah sebuah hasil karya tulis ilmiah yang isinya bisa dipertanggung jawabkan oleh si pembuat. Dari pengertian makalah tersebut, kita harus menggunakan bahasa formal selain itu juga harus dimengerti oleh orang lain dan yang pasti tidak mengcopy paste hasil karya ilmiah milik orang lain karena isi makalah ini bisa dipertanggung jawabkan. Dalam membuat makalah hal pertama yang harus mreka buat dalam makalah adalah Cover Makalah. Pengertian Cover adalah halaman yang pertama kali kita lihat saat kita membuat sebuah makalah.

 

Dalam membuat makalah biasanya harus disertakan beberapa unsur-unsur penting, sebelum saya berikan contoh cover makalah tugas ataupun laporan, alangkah baiknya jika kita membahas unsur-unsur penting tersebut :

 

Judul Makalah

Dalam membuat sebuah makalah, judul merupakan hal yang paling penting dan biasanya di tulis dengan menggunakan huruf besar atau huruf kapital yang ditulis tebal, sebenarnya ini hanya optional saja kita pun bisa menambahkan sub judul dibawah judul yang telah dibuat namun lebih singkat dan juga jelas.

Tujuan Makalah

Setelah judul, hal penting lainnya yang tak boleh tertinggal biasanya adalah tujuan makalah. Tujuan makalah di tulis setelah menulis judul atau sub judul dan biasanya ditulis dengan huruf yang lebih kecil dibandingkan judul
makalah tadi. Dalam membuat tujuan makalah, dianjurkan membuatnya dengan sangat jelas dan juga singkat.

Logo atau Gambar Instansi/Perusahaan/Kampus/Sekolah

Kemudian selanjutnya yang biasa kita lihat saat membuat sebuah makalah adalah gambar atau logo dari instansi tersebut. Logo makalah diletakkan di tengah-tengah cover makalah. Gambar atau logo ini pun sangat dianjurkan untuk tidak terlalu besar bahkan terlalu kecil, karena logo atau gambar merupakan hal yang paling mecolok di halaman cover makalah.

Penulis atau Penyusun Makalah

Penulis ataupun penyusun makalah juga hal yang boleh tertinggal dalam membuat sebuah cover makalah. Sebagus apapun contoh makalah jika tidak ada penulis ataupun penyusun makalah maka bisa dikatakan makalah tersebut terlihat kurang bagus dan hasil dari makalah tersebut bisa di copy paste orang lain.

Jurusan & Fakultas Perguruan Tinggi/Nama Instansi/Perusahaan/Sekolah Serta Tahun Pembuatan

Yang terakhir biasanya terletak di paling bawah contoh cover makalah, dalam menulis bagian ini kalian dianjurkan menulis Jurusan dan Fakultas Perguruan Tinggi kalian dengan menggunakan huruf kapital dan ditulis tebal sama seperti Judul Makalah diatas.

 

Kumpulan Contoh Cover Makalah Individu/Kelompok Yang Baik Dan Benar Untuk SMA Atau Mahasiswa

Dibawah ini saya berikan beberapa contoh cover makalah bahasa indonesia yang menarik.

 

 

Contoh Cover Makalah Yang Benar Untuk SMA Mahasiswa Individu

contoh cover makalah individu

Contoh Cover Makalah Yang Benar Untuk SMA Mahasiswa Kelompok

contoh cover makalah kelompok

Contoh Cover Makalah Yang Benar Untuk SMA Mahasiswa Universitas Indonesia

contoh cover makalah yang benar

 

Cara membuat cover makalah terbaru di Ms Word 2007 atau 2010

  1. Pertama buka terlebih dahulu Microsoft Office Word 2007 atau 2010 sesuai dengan yang kalian miliki atau punya saja.
  2. Kemudian di tab paling atas, kalian klik tab Insert.
  3. Akan muncul beberapa template contoh cover makalah yang disediakan oleh Microsoft Word, silahkan kalian pilih sesuai dengan design yang kalian suka.
  4. Edit cover makalah sesuai dengan yang kalian inginkan.

Catatan : Contoh cover makalah di microsoft word mungkin terlihat berbeda jika kita melihat beberapa contoh cover makalah yang biasa kita jumpai dan lihat di atas. Namun kalian bisa membuatnya sendiri tanpa perlu menggunakan template cover makalah yang ada di MS Word.

https://id.wikipedia.org/wiki/Karya_ilmiah