Contoh Argumentasi Sebab Akibat Akibat Sebab Pendek

Contoh Argumentasi Sebab Akibat Dan Akibat Sebab Pendek – Pada kesempatan kali ini kita akan bahasa dan belajar apa itu argumentasi, jiki kita baca dan resapi maka makna argumentasi memiliki makna Argument yang berarti pendapat seseorang, lalu apa pengertian paragraf argumentasi ? paragraf argumentasi adalah suatu paragraf dimana didalamnya mengandung pendapat pribadi penulisnya tentang suatu masalah yang terjadi dan disertai dengan fakta atau data yang memperkuat pendapatnya.

Secara tidak langsung, paragraf argumentasi sendiri hampir sama dengan paragraf eksposisi. Lalu apa perbedaan paragraf argumentasi dan eksposisi ? Pada paragraf argumentasi lebih menonjoal agar membuat para pembacanya meyakini apa sih yang sedang ia baca, nah paragraf eksposisi sendiri hanya memberikan sebuah informasi tanpa membuat si pembacannya meyakininya.

Ciri-ciri contoh argumentasi / paragraf argumentasi

Dibawah ini adalah beberapa ciri-ciri dari paragraf argumentasi agar kalian bisa membedakan antara eksposisi dan arguentasi.

  1. Berisi ide tentang suatu masalah atau permasalahan yang sedang hangat dan terjadi di masyarakat
  2. Merupakan sebuah pendapat penulis yang dituliskan dengan amat sangat jelas dan juga turut disertai oleh bukti dan juga fakta-fakta yang ada bahkan contohnya
  3. Pendapat yang disampaikan sangat kritis dan juga logis
  4. Biasanya data-data yang dituliskan merupakan hasil dari sebuah pengamatan atau observasi
  5. Kesimpulan berada di akhir paragraf biasanya berupa inti dari permasalahan itu sendiri

Jenis-jenis contoh paragraf argumentasi

Berdasarkan jenis-jenisnya paragraf argumentasi dibedakan menjadi 2 saja yaitu :

  1. Paragram Argumentasi sebab akibat : Merupakan paragraf yang berisikan pendapat yang berupa sebab-sebab dari permasalahan yang di akhirnya akan diarahkan ke satu kesimpulan umum yang disebut dengan akibat sebab tersebut
  2. Paragraf Argumentasi akibat sebab : Merupakan paragraf yang diawali dengan pendapat yang berupa akibat dari suatu permasalahan dan dibagian akhir paragraf berisi apa yang menjadi sebab dari akibat diatas

Contoh argumentasi sebab akibat

Contoh 1

Sekarang ini sikap dan sopan santun para remaja kita telah sangat jauh keluar dari nilai dan moral – moral yang ada dan berlaku didalam masyarakat. Hal tersebut disebabkan oleh banyak hal. Yang menjadi faktor utama yang pertama adalah karena mudahnya masuk budaya – budaya luar (barat) yang masuk ke Indonesia yang kemudian ditiru oleh para remaja kita dan akhirnya menjadi sebuah kebiasaan contohnya saja mudah mengatakan kata – kata kotor dan juga pergaulan bebas.

Selanjutnya adalah karena remaja kita saat ini sangat minim sekali belajar ilmu agama, biasanya disekolah belajar agama hanya 1 kali seminggu seharusnya pelajaran agama ini ditambahkan jam belajarnya. Faktor yang ketiga merupakan kurangnya pengawasan dari para orang tua karena di zaman sekarang ini banyak orang tua yang membiarkan anaknya bebas namun telah melewati batasannya dan bahkan ada pula orang tua yang tidak mempedulikan anaknya akhirnya si anak mencari suatu hal-hal baru yang membuatnya merasa nyaman. Akibatnya kini perilaku remaja kita sudah sangat kurang dan keluar dari nilai dan moral – moral agama.

Contoh 2

Siapa sangka pendidikan di Indonesia kini dikatakan sudah sangat mahal, banyak dari mereka yang putus sekolah karena mahalnya biaya pendidikan. Walau pemerintah sudah memberikan bantuan berupa Dana BOS dan juga keperluan sekolah seperti komputer, buku dan lain sebagainya pendidikan di Indonesia masih sangat mahal. Jika kita telisik lebih lanjut mahalnya pendidikan tidak hanya dirasakan oleh para siswa yang duduk dibangku SD dan juga SMP, namun kini biaya pendidikan di SMA dan Perguruan Tinggi di Indonesia pun sangat mahal sekali. Banyak dari mereka yang tidak melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi karena mahalnya biaya kuliah. Akibat dari mahalnya pendidikan di Indonesia ini membuat pendidikan tinggi hanya bisa dinikmati oleh para kalangan yang memiliki kantong tebal dan menimbulkan banyaknya pengangguran.

 

Contoh argumentasi akibat sebab

Contoh 1

SMP IT Bustanul Ulum dijadikan sebagai sekolah terbaik di Lampung dan Indonesia. Banyak para lulusannya yang berprestasi dan kini melanjutkan di perguruan tinggi ternama dan pastinya memiliki akhlak yang bagus. Tak jarang dari mereka yang juga menang lomba baik olimpiade ataupun lomba tingkat nasional lainnya yang membuat sekolah tersebut makin dikenal masyarakat disekitarnya. Pada bulan lalu saja 2 orang murid dari SMP IT Bustanul Ulum memenangkan Olimpiade Sains dan juga Olimpiade Matematika tingkat nasional. Prestasi demi prestasi terus diraih oleh sekolah tersebut, yang pasti hasil tersebut diraih karena usaha dan kerja keras para guru dan juga muridnya yang akhirnya menjadi para siswanya lulus dengan nilai dan membawa nama baik sekolanya.

Contoh 2

Jumlah kasus kecelakan di jalan raya dari tahun ke tahun naik dan terus melonjak. Tercatat pada 1 tahun terakhir telah terjadi kasus kecelaakan kendaraan bermotor sebanyak 3000 kasus, itu pun tidak termasuk dengan kecelakan kendaraan roda empat yang terjadi sebanyak 1500 kasus. Puncaknya pun terjadi pada saat libur panjang dan juga mudik lebaran yang membuat kecelakaan menjadi lebih banyak dan menimbulkan banyak korban jiwa. Semua ini disebabkan karena kurang perhatiannya dan lalainya para pengendara saat melakukan perjalan dengan tidak mengikuti rambu – rambu dan peraturan yang berlaku.