Contoh Anekdot Singkat Tentang Pendidikan Dan Hukum

Contoh Anekdot Singkat Dan Pengertiannya – Teks anekdot sendiri terdiri dari banyak macamnya. Isi dari teks anekdot biasanya berupa cerita singkat, pendek dan juga lucu yang biasanya berisi tentang sebuah sindiran pendidikan, politik, sosial hukum dan lainnya. Teks anekdot adalah teks yang didalamnya berisi sebuah kisah atau cerita singkat tentang sesuatu kejadian, sesorang atau hal lainnya yang berkenaan dengan gagasan tertentu.

Dalam teks anekdot sendiri, tak hanya berisi cerita lucu dan sindiran saja namun juga harus membuat pembacanya bisa mendapatkan maksud dari isi atau contoh anekdot tersebut.

Pengertian Teks Anekdot

Sebelum saya memberikan contoh anekdot singkat, saya akan memberikan pengertiannya. Teks Anekdot adalah sebuah cerita singkat yang bersifat lucu namun ddalam nya juga berisi sindirian atau kritikan terhadap sesuatu. Lalu apa sih yang biasanya disindir disini ? Biasanya teks anekdot menyindir atau mengkritik hal-hal seperti yang sudah saya sebut diatas tadi yaitu contohnya tentang pendidikan, hukum, politik kesehatan  nah biasanya juga isi dari teks anekdot ini juga merupakan pengalaman dari penulisnya.

Ciri-ciri Teks Anekdot

Untuk mudah bagaimana cara menentukan mana teks anekdot, berikut ini ciri-ciri contoh anekdot singkat :

  1. Biasanya memiliki tujuan tertentu yang sifatnya mengkritik/menyindir
  2. Menyinggung atau mengenai orang yang penting
  3. Bersifat lucu dan menggelitik
  4. Humor dan lelucon didalamnya
  5. Isinya hampir serupa dengan sebuah dongeng
  6. Menampilkan karakter manusia dan hewan pada biasanya

Struktur teks anekdot

  • Abstraksi : memberikan gambaran atau bagianawal dari paragraf
  • Orientasi : suasanya pada awal kejadian
  • Event : Menceritakan kejadian dan rangkaian suatu peristiwa
  • Krisis : Permasalahan utama
  • Reaksi : Cara menyelesaikan permasalahan utama yang muncul
  • Koda : perubahan yang terjadi pada sang tokoh
  • Re Orientasi : Bagian akhir atau penutup dari teks anekdot

Contoh Anekdot Singkat tentang Pendidikan

Suatu hari di sebuah sekolah negeri Antah Berantah, seorang guru sedang memberi tahu kepada murid-muridnya bahwa sekolah mereka akan menjadi sekolah yang bertaraf SBI.

Guru : Anak-anak, ada kabar gembira untuk kita semua. Kulit manggis kini ada ekstraknya… eh bukan. Sekolah kita sebentar lagi akan menjadi sekolah yang bertaraf SBI (Sekolah Bertaraf Internasional). Nah, untuk menyambut hal ini, saya mau tanya apa yang bakalan kalian siapkan nantinya. Joni, apa yang akan kamu lakukan untuk menyambut ini?

Joni : Saya akan Belajar bahasa Inggris agar saya lebih mahir dalam berbicara bahasa Inggris pak.

Guru : Bagus sekali kamu Joni. Kalau kamu, Jono?

Jono : Harus siap uang yang banyak pak,

Pak.Guru : Lho kok uang?

Jono : Ya Pak. Soalnya kalau sekolah kita statusnya sudah bertaraf SBI, pasti bayarnya bakalan lebih mahal. Masa sih SBI bayarnya sama kayak sekolah yang biasa? Udah gitu, pasti nanti diminta iuran untuk ini dan itu.

Guru : Jawabanmu kok sinis sekali Jono? Begini lho, kalau sekolah kita bertaraf internasional artinya sekolah kita itu bakalan setara dengan sekolah luar negeri. Jadi, kalian sekolah disini itu seperti sekolah di luar negeri.

Jono : Tapi Pak, kalau menurut saya, SBI itu artinya bukan Sekolah Bertaraf Internasional, tapi Sekolah Bertarif Internasional.Akhirnya guru tersebut kebingungan membalas kata-kata dari Jono dan langsung membahas materi pelajaran.Sebagai informasi tambahan saja, Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) sekarang sudah dibubarkan oleh MK beberapa tahun yang lalu.

Dibawah ini juga saya berikan videonya, silahkan dilihat ya :

Contoh Anekdot Singkat tentang  Hukum

Pada saat ini datang pak dosen yang memberikan mata kuliah Sosiologi Hukum, bertanyalah si Dosen ia pada mahasiswa yang bernama Anton.

Dosen : Saudara Anton, coba jelaskan secara seringkas bagaimana kondisi penegakan hukum di Negara kita tercinta ini sekarang…!, tanya si pak Dosen;

Anton : Bagaikan sebuah sarang laba-laba pak!!’ jawab Anton dengan tegas;

Dosen : Maksudnya…?!

Anton : Kalau bagai kelas nyamuk akan tertangkap dan tak bisa berkutik pak!, sedang kalau bagai kelas kumbang, wah…, bakalan jebol pak…!!;

Dosen : Kalau bagai kelas gagak?!

Anton : Tak tahu pak…!!

Mahasiswa lainnya : wkwkwkwwk

Gimana ulasan saya tentang teks anekdot ? Demikianlah tadi beberapa ulasan kami mengenai pengertian, contoh anekdot singkat, struktur dan juga ciri-cirinya. Semoga artikel diatas berguna dan bermanfaat buat teman-teman.