Contoh Teks Eksemplum Singkat Pengalaman Pribadi

Contoh Teks Eksemplum Singkat Tentang Pengalaman Pribadi Beserta Strukturnya – Ketika kelas 9 kita akan menemui materi pelajaran bahasa indonesia dimana materi yang disampaikan menceritakan tentang perilaku tokoh dalam ceritanya dan itulah teks eksemplum.  Jika kamu belum mengetahui tentang apakah teks eksemplum, berikut ini ulasan lenkapnya:

Perngertian Teks Eksemplum

Teks eksemplum merupakan teks yang menceritakan tentang perilaku tokoh dalam ceritanya. Teks ini termasuk jenis karya yang berkaitan dengan pengalaman hidup manusia.

Ciri-Ciri Teks Eksemplum

Untuk membedakan teks eksemplum dengan teks yang lainya, terdapat ciri-ciri yang harus kita tahu. Ciri-cirinya yaitu:

  1. Berisikan terjadinya peristiwa yang tidak diinginkan.
  2. Memiliki struktur yang lengkap.
  3. Adanya urutan peristiwa yang jelas.
  4. Menggunakan bahasa naratif.

Struktur Teks Eksemplum

Adapun struktur yang menyusun teks eksemplum sehingga menjadi utuh memang sudah keharusan teks eksemplum harus mempunyai struktur yang lengkap. Berikut ini strukturnya:

  1. Orientasi

Bagian ini berisi tentang pengenalan tokoh.

  1. Insiden

Bagian yang mengandung permasalahan yang dihadapi tokoh.

  1. Interpretasi

Bagian yang mengandung evaluasi, pesan moral dan akibat dari masalah yang dialami oleh tokoh.

Berikut dibawah ini kami berikan contoh teks eksemplum singkat yang baik dan benar :

Contoh Teks Eksemplum Singkat Tentang Pengalaman Pribadi Beserta Strukturnya

Aku memang tak begitu pandai  jika dihadapkan dengan soal-soal matematika. Saat duduk di bangku kelas 3 SD, aku merasa soal-soal matematika yang harus aku kerjakan sangat sulit dan membingungkan. Saat pelajaran matematika diterangkan oleh guruku, aku malah ngobrol dengan teman sebangkuku.

Siang itu aku pulang dari sekolah dengan memasang wajah lesu. Nilai matematika yang kudapatkan hari itu sangat memalukan. Dan seperti biasanya, ibuku menanyakan tentang nilai yang kudapatkan setiap pulang sekolah. Ibukupun bertanya, “Hari ini kamu mendapatkan nilai berapa?”. Dengan wajah yang takut aku pun menjawab pertanyaan ibu dengan suara lirih, “Mata pelajaran matematika aku hanya mendapatkan nilai dua, Bu.” Mendengar jawabanku, ibuku pun marah. Dilemparkanlah buku matematika itu, kemudian beliau menasehati aku. Namun  aku senang, ibu menanyakan bahwa beliau bangga terhadapku, karena aku sudah berkata jujur.

Sejak saat itu aku berusaha keras untuk mempelajari mata pelajaran matematika dan tak mengulangi lagi kesalahanku yaitu, ngobrol dengan teman saat guru sedang menerangkan pelajaran.

Itu tadi ulasan tentang contoh Teks Eksemplum Singkat secara detail. Semoga bermanfaat untuk kamu yang sedang mempelajari teks ini.

BACA :  Contoh Pantun Jenaka, Teka-Teki, dll Sajak (ABAB & AAAA)
Share This