Contoh Teks Berita Mirip Seperti Di Acara Berita 5W + 1H

Contoh Teks Berita Mirip Seperti Di Acara Berita 5W + 1H – Setiap harinya pasti kita melihat televisi dan berbagai macam acara di dalamnya, pasti kalian pernah melihat acara di televisi baik itu berita, sinetron ataupun film kartun. Berita bisa kita dapatkan informasinya baik melalui radio, televisi, koran hingga internet. Bahkan kita bisa menyaksikan berita melalui streaming secara langsung di berbagai situs di internet.

Sebelumnya saya pernah membagikan beberapa contoh teks berita baik contoh teks berita bahasa inggris maupun teks berita bahasa indonesia baik itu tentang kecelakaan, bencana alam, pendidikan, kebakaran , olahraga hingga berita lainnya yang ditulis secara benar sesuai kaidah penulisan 5W + 1H. Nah dibawah ini merupakan contoh teks berita 5W + 1H yang kita ambil mirip seperti di acara berita di televisi yang bisa digunakan sebagai sumber referensi dan bacaan menarik yang kami dapatkan dari berbagai macam stasiun televisi di Indonesia.

 

Kumpulan Contoh Teks Berita Di Televisi (5W + 1H)

Contoh Teks Berita Sidang Jessica Kumala Wongso

Sidang perdana Jessica Kumala Wongso digelar 15 Juni 2016 lalu namun hingga 2 bulan berlalu agenda sidang masih mendengarkan keterangan saksi dari pihak jaksa penuntut umum. Dalam waktu 5 bulan perkara kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin harus bisa diputuskan sesuai dengan surat edaran Mahkamah Agung, sidang lanjutan hari ini merupakan sidang ke 14 ke dalam perkara kasus tewasnya Wayan Mirna yang membuat Jessica menjadi terdakwa tunggal. Sejauh ini agenda sidang adalah mendengarkan keterangan saksi yang dihadirkan oleh jaksa penuntut umum sejumlah agenda lain masih harus digelar di antaranya pemeriksaan saksi dari pihak penasehat hukum terdakwa, hingga pembacaan putusan pada bulan September agenda Sidang adalah pengajuan saksi meringankan dari pihak terdakwa.

BACA :  Contoh Teks Wawancara Bertema Tentang Pendidikan

 

Contoh Teks Berita 5W 1H Tentang Kecelakaan Lalu Lintas

Anda masih bersama reportase Jawa Timur kecelakan kembali terjadi di Tuban sebuah mobil pick-up yang mengangkut 30 orang menabrak pembatas jalan hingga terguling akibatnya tiga orang tewas dan lainnya luka-luka, 3 korban tewas dalam kecelakaan tunggal sebuah mobil pickup di jalur alternatif Tuban Bojonegoro Selasa siang. Karena terbatasnya ruang Jenazah, korban tewas terpaksa dibaringkan di lantai Puskesmas Rengel sementara korban luka lainnya yang mencapai 27 orang terpaksa dirawat di luar ruangan.

Mobil pick up bernopol S 8288 Hj ini mengalami kecelakaan tunggal diduga kuat karena alami rem blong sehingga mobil yang melaju kencang tadi tak terkendali saat melintasi jalan menurun di kawasan perbukitan kapur. Kendaraan yang mengangkut 30 pekerja proyek asal Desa Karanglo Kecamatan kerek Kabupaten Tuban ini pun langsung menabrak pembatas jalan hingga akhirnya terguling.

Akibatnya tiga penumpang tewas seketika di lokasi kejadian setelah tertindih badan kendaraan, sementara 10 penumpang terluka parah dan 17 penumpang lainnya mengalami luka ringan. Setelah mendapat perawatan di Puskesmas 10 korban luka parah kemudian dirujuk ke rumah sakit umum daerah Dr koesma Tuban. Untuk kepentingan penyelidikan kendaraan diamankan di mapolsek Rengel. Dion Fajar haryoto, Tuban.

 

Contoh Teks Berita Tentang Kebakaran

Kebakaran terjadi di Makassar, korban mengalami luka bakar serta patah tulang dari rumah kos berlantai 3 di Jalan Rappocini Makassar Sulawesi Selatan. Korban masih dirawat di Rumah Sakit Faisal Makassar, 1 orang kritis karena mengalami luka bakar serius. Tim identifikasi dari Polda Sulawesi Selatan mendatangi 10 korban kebakaran di Rumah Sakit Islam Faisal Makassar, mereka mengalami luka bakar dan patah tulang karena melompat dari lantai 3. Rata-rata korban mengalami luka bakar hingga 50%, seorang korban bernama Nur nih kritis usai melompat dari lantai, korban tewas akibat kebakaran ini Hingga kini masih belum diketahui identitasnya.

BACA :  Contoh Buku Harian & Langkah Menulis Buku Harian

Tim identifikasi Polda Sulawesi Selatan masih mendata korban berdasarkan pengakuan rekan-rekan korban yang selamat. Kebakaran yang melanda sebuah bangunan berlantai 3 di Jalan Rappocini Makassar terjadi pada minggu dini hari. Kebakaran menghanguskan bangunan minimarket yang sudah menjadi rumah kos mahasiswa tersebut, 1 mahasiswa tewas dan 10 orang lain mengalami luka bakar dan patah tulang akibat melompat dari lantai 3.

 

Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan “Full Day School”

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan muhadjir Effendy menyatakan kebijakan sekolah sehari penuh atau “full day school” bagi siswa SD dan SMP masih sebatas ide kebijakan, ini masih membutuhkan kajian lebih mendalam sebelum diterapkan. Mendikbud Muhajir Efendi menjelaskan ide full day school yang diusungnya tidak dengan menambah jam pelajaran siswa, jam pelajaran siswa tetap tetapi kegiatan ekstrakurikuler yang ditambah selesai belajar siswa bisa beraktivitas di lingkungan sekolah dengan kegiatan ekstra secara menyeleuruh.

Menurut Muhajir kebijakan ini bertujuan untuk memperkuat pendidikan karakter seperti budi pekerti dan kemandirian ia menekankan meski ide tersebut disambut baik oleh wakil presiden Jusuf Kalla keputusan final berada di tangan Presiden Joko Widodo.

Contoh lainnya bisa anda lihat disini : bericontoh.com/contoh-teks-berita/

Demikianlah diatas tadi contoh teks berita yang bisa menjadi referensi dalam menulis berita baik itu berita tentang kecelakaan lalu lintas, kebakaran, pendidikan, politik, ekonomi dan lain sebagainya. Semoga contoh teks berita 5w 1h diatas bisa bermanfaat bagi anda – anda sekalian.

Share This