Contoh Makna Denotatif dan Konotatif

Contoh Makna Denotatif dan Konotatif – Pada artikel kali ini kita akan bahas dan memberikan beberapa contoh makna, sebelum lebih jauh alangkah baiknya jika kita mengetahui pengertian dari makna denotatif dan konotatif ?

Pengertian Makna Denotatif

Makna denotatif adalah sebuah makna yang sebenarnya atau makna yang memang sesuai dengan pengertian yang memang dikandung dari kata tersebut. Kata makan sendiri memiliki arti memasukkan sesuatu ke dalam mulut , dikunyah, dan juga ditelan. Arti kata makan tersebut adalah makna denotatif. Makna denotatif disebut juga makna umum.

Pengertian Makna Konotatif

Makna konotatif adalah yang bukan makna yang sebenarnya. Dengan kata lain,makna kias atau makna tambahan. Contohnya antara lain kata putih bisa bermakna suci ataupun tulus namun juga dapat berarti lainnya yaitu menyerah atau polos.

Masih banyak contoh kata yang secara denotatif memiliki kesamaan arti, tapi konotasinya berbeda. Beberapa kata bahkan bisa dikonotasikan secara negatif, contohnya kata kebijaksanaan. Kata ini menurut arti yang sebenarnya adalah kelakuan atau tindakan arif dalam menghadapi masalah. Tapi banyak juga penggunaan kata kebijaksanaan yang keluar dari arti yang sebenarnya. Kata kebijaksanaan bisa dikonotasikan dengan permintaan (agar urusan dapat lancar).

Contoh Makna Denotatif Dan Konotatif Yang Halus Dan Kasar


Contoh makna denotatif dan konotatif juga pada pemakaian kata pengertian. Dalam kalimat berikut “Pembagian kompor gas ini memang tidak dikenakan bayaran, namun kami memohon pengertian bapak ibu,” kata pengertian memiliki makna yang lain yaitu, meminta imbalan walau sedikit dan lain sebagainya.

Selain itu kami juga berikan contoh lainnya yang kami ambil dari laman wikipedia.org berikut ini :

Konotasi juga dapat berbentuk positif dan negatif. Contoh konotasi positif dalam bahasa Indonesia adalah “lubuk hati” yang memiliki arti “perasaan”, sedangkan contoh konotasi negatif adalah “kambing hitam” yang berarti “orang yang disalahkan.” Contoh denotatif dan konotatif dalam bahasa Inggris, contohnya konotasi positif adalah “strong-willed” yang berati keras kepala, sedangkan contoh konotasi negatif “pig-headed” yang juga berarti keras kepala namun memiliki arti asosiasi negatif.

https://id.wikipedia.org/wiki/Konotasi

BACA :  Contoh Pantun Jenaka, Teka-Teki, dll Sajak (ABAB & AAAA)
Share This