Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Pelangi

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Fenomena Alam Pelangi – Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana kejadian-kejadian sosial, alam,  budaya, ilmu pengetahuan dan lainnya bisa terjadi. Suatu kejadian baik kejadian alam ataupun kejadian seosial yang terjadi di sekitar kita, memiliki hubungan sebab akibat dan memiliki proses. Kejadian yang terjadi di sekitar kita, tak hanya untuk kita amati dan rasakan saja, namun juga untuk kita pelajari. Kita dapat mempelajari kejadian tersebut, missal dari segi mengapa dan bagaimana bisa terjadi.

Struktur teks eksplanasi

Teks eksplanasi memiliki struktur yang terdiri dari pernyataan umum, kemudian dilanjutkan dengan urutan sebab akibat dan diakhiri dengan adanya interpretasi. Untuk lebih memahami mengenai struktur tersebut silahkan simak penjelasan dibawah ini.

  1. Pernyataan umum berisi statemen atau penyataan umum tentang topik yang akan dijelaskan proses keberadaanya, proses terbentuknya atau proses terjadinya.
  2. Urutan Sebab Akibat berisi tentang detail penjelasan proses terjadinya atau proses keberadaan yang disajikan secara urut ataupun bertahap dari yang paling awal sampai yang paling akhir.
  3. Interpretasi berisi tentang pernyataan tentang topik atau proses yang dijelaskan dan kesimpulan.

Contoh teks eksplanasi singkat tentang fenomena alam pelangi

Pelangi merupakan suatu busur spektrum besar yang muncul akibat terjadinya pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air. Pelangi termasuk juga gejala optic dan meteorology yang aman, cahaya yang memiliki warna sejajar berdampingan, beragam, terlihat melengkung di langit atau medium lainnya. Sesaat setelah hujan ringan, pelangi akan muncul membentum busur dan ujungnya terarah pada horizon. Anda juga bisa mendapati pelangi di sekitar air terjun.

Fenomena alam pelangi diikuti dengan efek cahaya lainnya dapat tampak pada langit karena cahaya yang membias dan menyimpang menjauhi partikel. Saat matahari mulai redup dan terbenam, maka langit akan memancarkan aura kemerahan karena sinar matahari melewati atmosfer yang jauh lebih tebal jika dibandingkan dengan siang hari. Pada malam hari, atau ketika langit mendung, pelangi tidak akan tampak. Ini terjadi karena pelangi dihasilkan oleh pembiasan cahaya. Awalnya, cahaya matahari melewati tetes hujan, kemudian setelah itu, dibiaskan menuju tengah tetes hujan sehingga cahaya putih dan juga spektrum akan terpisah. Dan terbentuklah jejeran warna yang kita sebut dengan pelangi.

BACA :  Contoh Puisi Pendek Bebas Terbaru Tentang Apa Saja

Itu tadi penjelasan tentang Contoh Teks eksplanasi. Jika kamu sudah paham dengan contoh teks eksplanasi, kini saatnya kamu membuat teks dengan bahasamu sendiri. Selamat mencoba !

Share This