Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya Singkat

Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya Singkat – Teks eksplanasi merupakan teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana kah suatu peristiwa alam, sosial, budaya,  ilmu pengetahuan dan lainnya bisa terjadi. Suatu peristiwa baik peristiwa alam ataupun sosial yang terjadi disekitar kita, selalu memiliki hubungan sebab akibat dan proses. Jika anda masih bingung, berikut ini contoh teks eksplanasi beserta strukturnya:

Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya Singkat Tentang Gerhana Bulan

Judul: Gerhana Bulan

  1. Pernyataan Umum

Gerhana bulan adalah salah satu fenomena alam yang seringkali kita jumpai. Peristiwa alam ini terjadi jika bulan beroposisi dengan matahari. Namun, oposisi bulan dengan matahari tak akan selamanya menghasilkan peristiwa gerhana bulan. Mengapa? Kaena kemiringan bidang orbit bulan terhadap bidang ekliptika sama besar. Akan ada saat dimana terjadinya perpotongan bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika yang menyebabkan munculnya dua titik yang dikenal juga dengan istilah node. Gerhana bulan terjadi jika bulan beroposisi dengan titik nude tersebut.

  1. Deretan Penjelas

Faktanya, ketika gerhana bulan terjadi, sebenarnya penampakan bulan masih dapat terlihat. Hal ini karena sinar matahari yang masih tersisa, berbelok menuju ke arah bulan oleh atmosfer bumi. Sinar matahari yang dibelokkan tersebut tentunya memiliki spektrum cahaya kemerahan, yang menjadi alasan mengapa saat peristiwa gerhana bulan, tampilan pada bulan akan terlihat lebih gelap, biasanya memiliki warna merah gelap, jingga atau coklat. Untuk mengamati gerhana bulan, bisa Anda lakukan dengan mata telanjang tanpa bahaya sedikit pun. Pada saat terjadinya gerhana bulan, umat Islam yang melihat peristiwa gerhana tersebut disunnahkan untuk melakukan salat gerhana atau salat khusuf.

  1. Penutup (Interpretasi)

Ketika bayangan-bayangan bumi menutupi sebagai atau seluruh penampang bulan, pada saat itulah akan terjadi gerhana bulan. Khusunya ketika bumi menempati posisi di antara bulan dan matahari, dan berada pada satu garis lurus yang sama, yang membuat sinar Matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalang oleh posisi bumi saat itu.

BACA :  Contoh Dialog Interaktif Di TV Dan Kesimpulannya

Begitulah pembahasan contoh teks eksplanasi beserta strukturnya yang bisa kamu jadikan referensi untuk membuat teks eksplanasi. Semoga bermanfaat !

Share This