Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksemplum Singkat Beserta Strukturnya – Teks Eksemplum merupakan teks cerita yang bercerita tentang perilaku ataupun tokoh ceritanya. Kisah  yanga ada pada  teks eksemplum umumnya diawali dengan pengenalan tokoh, kejadian yang tokoh didalamnya alami, dan interpretasi yang muncul dari tokoh tersebut. Teks eksemplum ini adalah jenis karya tulis yang berisi tentang pengalaman hidup yang dialami manusia. Sebagai salah satu jenis teks dalam bahasa Indonesia, teks ini tentunya mempunyai ciri khusus yang membuta kita  bisa dengan mudah  membedakanya denga teks yang lain. Berikut ini adalah ciri dari teks eksemplum.

Ciri-ciri Teks Eksemplum

  1. Berisi peristiwa yang tidak diinginkan.
  2. Urutan peristiwanya jelas.
  3. Memiliki struktur yang lengkap.
  4. Memakai bahasa naratif.

Struktur Teks Eksemplum

Struktur teks eksemplum antara lain yaitu:

  1. Orientasi

Merupakan bagian awal dari teks. Umumnya pada bagian ini berisi pengenalan tokoh.

  1. Insiden

Adalah bagian yang berisi permasalahan yang sedang dihadapi oleh tokoh.

  1. Interpretasi

Adalah bagian yang berisi evaluasi, pesan moral dan juga akibat yang dari permasalahan yang dialami oleh tokoh yang ada dalam cerita.

Itulah ciri-ciri dan struktur Teks Eksemplum. Agar bisa lebih memahami Teks Eksemplum, maka anda bisa menyimak contoh Teks Eksemplum dibawah ini.

Contoh teks eksemplum singkat beserta strukturnya tentang pengalaman pribadi

” Boros “

Pada suatu ketika ada seorang anak perempuan bernama Ria yang senang sekali menghabiskan uang sakunya dengan cepat dan menghabiskanya untuk sesuatu yang tidak memiliki  manfaat.

 

Saat ia sudah mulai menginjak usia remaja, perilaku borosnya semakin parah. Padahal orang tuanya kerap mengingatkanya agar tidak boros sebab mencari yang itu adalah hal yang sangat sulit.

BACA :  Contoh Teks Berita Kecelakaan Bahasa Inggris Dan Artinya

Kemudia  pada suatu hari, orang tua Ria  mengalami kebangkrutan dalam bisnis nya sehingga membuat keluarga menjadi jatuh miskin. Belum lagi hutang bank yang dimiliki oleh Orang tua Ria. Hal itu kemudia membuat Ria menjadi sangat frustasi sebab ia tidak terbiasa dengan keadaan tersebut,  sampai akhirnya  ia memutuskan untuk bunuh diri.

Oleh sebab itu, hendaklah kita membiasakan sikap hemat dan gemar menabung supaya dapat bermanfaat untuk masa depan kita nanti. Jangan meniru perilaku Ria yang boros yang akhirnya membuatnya berada dalam kesulitan. Itulah Contoh Teks Eksemplum, semoga bermanfaat untuk anda.