Contoh Teks Eksemplum Paling Singkat Pengalaman Pribadi

Contoh Teks Eksemplum Paling Singkat Pengalaman Pribadi – Teks eksemplum merupakan jenis teks rekaan yang berisikan insiden yang menurut partisipannya tak perlu terjadi. Secara pribadi, partisipan ingin insiden itu bisa diatasi, namun ia tidak bisa berbuat apa-apa.

Struktur Teks Eksemplum

Layaknya teks-teks yang lainya, teks eksemplum juga memiliki struktur yang membedakannya dengan jenis teks lainya. Berikut ciri-ciri dan struktur teks eksemplum.

  1. Orientasi

Orientasi adalah bagian awal dari teks eksemplum yang berisikan tentang pengenalan tokoh.

  1. Insiden

Insiden merupakan bagian yang berisi kejadian atau peristiwa yang dialami oleh tokoh. Biasanya tokoh mendapatkan persoalan atau masalah.

  1. Interpretasi

Interpretasi merupakan bagian yang isinya pesan,  eavaluasi, dan akibat yang timbulkan dari tindakan tokoh. Interpretasi ini mirip dengan koda yang terdapat pada struktur teks anekdot.

BACA :  Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya

Ciri-Ciri Teks Eksemplum

Adapun beberapa ciri khas dari teks eksemplum yaitu

  1. Berisikan tentang peristiwa yang tidak diinginkan tokoh.
  2. Memiliki nuansa naratif.
  3. Menceritakan tentang pengalaman pribadi seorang tokoh.
  4. Ada perubahan perilaku dari tokoh untuk tak melakukan kesalahan yang sama.
  5. Menunjukkan uruta kejadian yang jelas.

Sebelum saya berikan Contoh Teks Eksemplum Paling Singkat, silangkan ketahui terlebih dahulu unsur kebahasaan yang digunakan.

Unsur Kebahasaan Teks Eksemplum

Setelah mengenal pengertian, struktur serta ciri-ciri dari teks eksemplum, selanjutnya kita akan melihat unsur kebahasaan teks eksemplum itu sendiri. Unsur kebahasaannya adalah sebagai berikut:

  1. Menggunakan kalimat yang cukup kompleks
  2. Menggunakan Kata Kerja
  3. Menggunakan Konjungsi (penghubung)
  4. Menggunakan kata rujukan

Contoh Teks Eksemplum Paling Singkat Pengalaman Pribadi

Jika kamu sudah paham tentang pengertian, struktur dan cirri-ciri dari Teks Eksemplum, kini saatnya perhatikan Contoh Teks Eksemplum Paling Singkat tentang pengalaman pribadi dibawah ini:

Pencurian

            Rabu sore, aku pulang dari lapangan Tenis Indoor. Aku baru menghadiri Monitoring dan Evaluasi di sana. Sampai di kos sudah maghrib, aku pun langsung mandi.

Setelah mandi, sholat dan bersih-bersih, aku mengobrol dengan Hala. Tak terasa, waktu cepat berlalu. Teman sekamarku yang bernama mbak Devi pulang jam 24.00 WIB,. Kami mengobrol sampai pukul 1.00 WIB.

Minggu pagi, aku dan mbak devi terkejut karena kami kemalingan. 2 laptop, 2 handphone, 2 modem, dan tasku hilang. Seseorang mencurinya sekitar 1.00 sampai pukul 3.00. Karena, teman sebelah kamarku bangun pukul 3.00 dan tahu pintu kamarku terbuka. Aku bertanya pada Devi, apakah dia belum mengunci kamar saat tidur dan ternyata Devi lupa tidak mengunci kamar kami.

Setelah itu, aku dan Devi pun langsung lapor ke Bapak Kos, kami disuruh untuk lapor ke kepolisian.  Kamipun langsung ke Polsek Gunung Pati untuk membuat keterangan kehilangan dan menyerahkan barang bukti berupa tas yang ditinggal pencuri di Jemuran. Polisipun datang ke kos untuk menyelidiki kasus ini.

Kejadian ini merupakan peringatan besar untuk kami. Sejak itu, saya dan Devi terus waspada. Aku memasang gembok di pintu belakang.

Barang-barang itu bisa saja kembali, tapi kami juga tak menaruh harapan terlalu banyak.  Aku dan Devi masih sehat juga sudah bagus. Aku berjanji untuk terus waspada, dan berhati-hati dalam menjalankan aktivitas- aktivitas di hari selanjutnya.

BACA :  Contoh Teks Eksemplum Singkat Pengalaman Pribadi

Itu tadi penjelasan lengkap tentang Teks eksemplum. Semoga kamu paham dengan Contoh Teks Eksemplum Paling Singkat dan bisa membuatyna sendiri dengan struktur yang urut dan benar.