Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat (Indonesia & Inggris)

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat (Indonesia & Inggris) – Alangkah baiknya jika kamu melakukan kegiatan menulis mu sebagai bahan latihan dari aktivitas sehari-hari. Dengan menulis tersebut, maka kamu dapat menunjukkan potensi yang kamu miliki. Kreativitas seseorang dapat diketahui dan dilihat pada tulisannya. Sekarang, tunjukkan potensi mu serta kreativitas yang kamu miliki dengan menulis sebuah surat pribadi.

Dalam korespondensi dikenal berbagai jenis-jenis surat. Contohnya saja da surat permohonan, surat lamaran, surat pribadi, dan surat yang lain-lain. Dari berbagai macam bentuk surat, surat dapat digolongkan ke dalam dua jenis lagi, yaitu surat resmi dan juga surat tidak resmi.

Contoh surat pribadi dibedakan sebagai berikut ini :

  1. Surat pribadi yang berisi masalah kekeluargaan, persahabatan, dan perkenalan.
  2. Surat pribadi resmi, seperti surat lamaran pekerjaan.

Berdasarkan isinya, surat dibedakan atas tiga jenis, yaitu :

  • surat pribadi,
  • surat dinas atau resmi, dan
  • surat niaga atau dagang.

Pada pembahasan kali ini, kita akan berlatih bagaimana cara menulis surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif baik dan benar. Sebelum bahas ke contoh surat pribadi, lalu apa sih pengertian dari surat pribadi ?

Surat pribadi adalah surat yang dikirim oleh perseorangan kepada orang lain dan isinya bersifat pribadi.

Bahasa yang digunakan dalam menulis surat pribadi adalah bahasa yang komunikatif dan efektif. Maksudnya ialah bahasa yang digunakan harus secara tepat dapat mencapai sasarannya. Selain itu juga, bahasa surat pribadi pun haruslah sederhana, ringkas, jelas, sopan, dan juga menarik.

Berikut di bawah ini kami berikan beberapa contoh surat pribadi bahasa indonesia dan inggris dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar :

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat Dalam Bahasa Indonesia

Aceh, 1 juni 2014
Ayu
Jln. Cendana No.10
Lampung Tengah 34165

BACA :  Yel Yel Pramuka Seru Dari Lagu Bento

Salam kangen,
Halo, Ayu. Sudah lama sekali kita tak bertemu. Bagaimana kabarmu Ayu? Semoga kamu dalam kondisi yang sehat disana.  Dalam surat ini saya ingin menanyakan kabar kamu. Saya sangat berharap sekali bahwa setiap bulan kamu bisa datang ke kota Jakarta.

Tau nggak Yu, sebenarnya aku ini sudah sangat kangen banget sama kamu. Pengen tau bagaimana wajah kamu yang sekarang ini kaya apa. Nga terasa ya ternyata kita ini udah lumayan lama ngga pernah bertatap muka. Di Lampung pasti banyak banget perubahan yang terjadi sama kamu kan. Semoga kamu bisa tetap mengingatku sebagai seorang sahabat sejati yang selalu merindukanmu.

Aku pun berencana untuk bisa mengunjungi kamu disaat akhir bulan nanti. Ngga sabar deh pengen ketemu sama kamu. Tunggu aku ya Yu… kalau nga ada halangan akhir pekan ini deh aku pasti kesana setelah ujian kenaikan kelas di sekolah. Udahan dulu ya Yu… Jaga diri kamu baik-baik. Jangan sampai kamu sakit. Sampai ketemu lagi di Jakarta

sahabatmu,
Diana

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat Dalam Bahasa Inggris

To : My Ever Friend,  Lilliana

Hi Lilliana, how are you? I hope you and you are family is good. In here, me and my family was good.

How was your last weekends Lilliana? It’s fun? My last weekend its so awesome . I went to Blue Mountain with my family. We was climb too, Lilliana. That is really weekend who never forgot in my life.

A few of day, is your birthday right, Lilliana? Sure I’ll forget it. Hmm, what a present who I’ve to give for you, Lilliana? It is my secret. You can’t know wkwkwk.

BACA :  Contoh Surat Mengundurkan Diri Dari Organisasi OSIS

Maybe till in here I write my letter. I’ve to do my homework, Lilliana wkwkwk. You must reply my letter okey ? I’ll waiting for you. See you~

With love,  Kristy

Contoh Surat Pribadi Untuk Teman / Sahabat Pendek & Singkat

Cirebon, 17 Agustus 2015
Ytk. Albert
Jalan Maju Kena Mundur Kena No 17
Sulawesi Utara

Salam damai,
Halo, Albert apa kabarmu? Semoga kamu baik-baik saja? Aku sekarang dalam keadaan sehat selalu. Semoga kamu juga dalam keadaan sehat dan baik seperti aku.
Albert, sebentar lagi sudah mau masuk musim liburan kenaikan kelas. Aku ingin berkunjung ke rumahmu. Apa kah boleh? Aku sudah lama sekali tidak bermain denganmu.
Sudah dulu ya, surat dariku. Aku tunggu balasan surat dari mu Albert!

Salam persahabatan,
Steve

Share This