Contoh Paragraf Generalisasi Analogi Sebab Akibat Singkat

Contoh Paragraf Generalisasi Analogi Sebab Akibat Singkat – Kali ini akan kita bahas berbagai macam contoh paragraf, apa sih itu paragraf ? Paragraf atau alinea adalah sekumpulan kalimat kalimat yang saling berkaitan antar satu kalimat dengan kalimat yang lainnya. Paragraf pun dapat disebut sebagai karangan singkat, mengapa demikian ? karena dalam bentuk penulis paragraf dapat menuangkan sebuah ide-ide sehingga nantinya dapat membentuk sebuah topik pembicaraan.

Kumpulan Contoh Contoh Paragraf & Pengertiannya

Pengertian Paragraf Generalisasi & Contoh Paragraf Generalisasi

Paragraf generalisasi Adalah proses penalaran yang mana bertolak dari sejumlah fakta fakta ataupun juga gejala gejala khusus yang diamati kemudian ditariklah sebuah kesimpulan umum tentang sebagian atau seluruh gejala atau fakta yang sudah diamati tersebut. Jadi, generalisasi merupakan sebuah pernyataan yang berlaku umum untuk seluruh atau sebagian besar gejala / fakta yang diamati. Di dalam pengembangan sebuah karangan, paragraf generalisasi juga perlu ditunjang atau pun dibuktikan dengan beberapa fakta-fakta nyata, contoh-contoh, data statistik, dan lain sebagainya yang juga merupakan spesifikasi atau pun ciri sebagai penjelasan lebih lanjut.

Contoh paragraf generalisasi:

Pemerintah Lampung Tengah mendirikan sekolah sampai masuk ke pelosok plosok desa. Puskesmas juga didirikan di mana saja. Lapangan kerja baru harus di ciptakan. Pembangunan rumah rumah ibadah keagamaan diperbanyak atau dibantu oleh pemerintah. Hal itu memang menjadi kewajiban tugas pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan para masyarakat di lampung tengah khususnya.

BACA :  Contoh Teks Berita Mirip Seperti Di Acara Berita 5W + 1H

Pengertian Paragraf Analogi & Contoh Paragraf Analogi

Paragraf analogi adalah Cara bernalar dengan membandingkan dua buah hal yang memiliki sifat yang sama. Cara ini juga berdasarkan pada sebuah asumsi yang menyatakan bahwa jika sudah ada persamaan dalam berbagai segi, maka akan ada juga persamaan dalam bidang yang lainnya.

Contoh paragraf analogi:

Secara tak disengaja Anjas mengetahui bahwa pensil Steadler 4B ternyata menghasilkan sebuah gambar vinyet yang bisa memuaskan hatinya. Pensil itu pun sangat lunak dan juga menghasilkan beberapa garis-garis hitam dan juga tebal. Oleh karena itu, selama bertahun tahun Anjas selalu memakai pensil 4B itu untuk membuat gambar vinyet, namun ketika ia sedang berlibur di rumah neneknya di sebuah kota kecamatan Anjas kehabisan pensil. Ia pun akhirnya mencari dimana toko-toko di kota itu yang menjual pensil 4B namun tidak ada. Akhirnya, dari pada ia tidak dapat mencoret-coret, Anjas memilih merek lain yang juga sama lunaknya dengan pensil Steadler 4B. “Ini pastinya bakal menghasilkan gambar vinyet yang sama bagusnya,” katanya.

Pengertian Paragraf Sebab-Akibat & Contoh Paragraf Sebab Akibat

Paragraf sebab akibat Adalah sebuah proses penalaran yang mana dimulai dengan mengemukakan beberapa fakta fakta yang berupa sebab dan sampai pada akhir sebuah kesimpulan yang merupakan akibat.

Contoh paragraf sebab akibat:

Bapak Rahmat adalah seorang pekerja keras, sampai-sampai ia melupakan waktu dan juga pola makannya yang teratur. Akhir-akhir ini Bapak Rohmat jadi tidak masuk kerja. Ia pun akhirnya divonis terserang penyakit tipus akut. Oleh karenanya, Pak Rahmat harus segera mendapatkan perawatan medis di rumah sakit terdekat.

https://id.wikibooks.org/wiki/Subjek:Bahasa_Indonesia/Materi:Paragraf

Share This