Contoh Paragraf Naratif Berdasarkan Urutan Waktu & Tempat

Contoh Paragraf Naratif Berdasarkan Urutan Waktu & Tempat – Sebelum membahas contoh paragraf naratif, pertama kalian harus atau pengertian paragraf naratif. Apa itu karangan atau paragraf naratif ? Paragraf naratif adalah sebuah karangan yang berbentuk sebuha kisah yang dimana terdiri atas beberapa kumpulan yang telah disusun secara kronologis (urutan waktu) hingga menjadi suatu rangkaian yang berbentuk parafraf.

Dalam sebuah paragraf naratif, kita harus bisa menuliskan tulisan yang bisa membawa pembaca seperti mengikuti perasaan yang juga telah kita alami. Oleh karnanya, pembaca pun akan merasakan sebuah urutan waktu yang telah digambarkan di dalam tulisan tersebut.

Urutan waktu yang sesuai dan pas dapat membuat paragraf naratif atau karangan naratif tersebut dapat semakin menarik untuk dibaca.

Sebelum membahas contoh paragraf naratif / narasi, berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menulis sebuah contoh paragraf naratif / narasi.

  1. Memilih judul judul atauun topik yang bisa dikembangkan menjadi sebuah paragraf naratif. Contohnya saja seperti topik dalam menjaga kelestarian hutan ataupun lingkungan disekitar kita.
  2. Menyusun kerangka paragraf naratif harus berdasarkan dan sesuai dengan kronologi waktu dan peristiwa. Berikut ini contoh kerangka karangan paragraf naratif.

Contoh Kerangka Karangan Paragraf Naratif / Narasi

Judul: Susur Cikapundung, Rekreasi Sekalis Pembelajaran
1. Waktu pelaksanaan :

  • kegiatan acara susuri sungai cikapundung
  • setengah jam kemudian pergi mengitari hulu sungai
  • kegiatan penyusuran

2. Konsep acara :

  • tujuan acara dilaksanakan
  • peserta

3. Pelaksana :

  • Mahasiswa teknik planologi 2004 Institut Teknologi Bandung

4. Pelaksanaan kegiatan :

  • Penataan ruangan yang ada di daerah sekitaran aliran sungai
  • Bersih bersih sampah

5. Kegiatan lainnya :

  • Diskusi bersama
  • Kegiatan lainnya

Contoh Paragraf Naratif Yang Baik Dan Benar Berdasarkan Urutan Waktu & Tempat

Dibawah ini contoh pararaf naratif ataupun karangan naratifnya sesuai kerangka karangan diatas :

BACA :  Contoh Proposal Kegiatan Sekolah Singkat Dan Benar

Minggu, 23 April, Pukul 08.00 pagi, pesertaperjalanan ”Susur Sungai Cikapundung” sudah mulaiberkumpul di sekretariat KMPA di Sunken CourtW–03. Satu jam kemudian, rombongan berangkatmenuju Curug Dago, dengan sedikit naik ke arahhulu di mana perjalanan itu dimulai. Tanpa ragu,peserta mulai menyusuri Cikapundung meskipunketinggian air hampir mencapai sebatas pinggang.Ketinggian air pun meningkat sekitar 50 cm setelahhujan deras mengguyur Bandung hampir seharipenuh kemarin, Sabtu 22 April 2006. Hari tersebutbertepatan dengan Hari Bumi.

Derasnya air Sungai Cikapundung tidak me-ngecilkan hati para peserta yang mengikuti acara”Susur Sungai Cikapundung”. Acara ”Susur SungaiCikapundung” ini merupakan salah satu acara dariserangkaian kegiatan Pekan Hari Bumi se–ITByang diadakan oleh Unit Kegiatan KMPA (KeluargaMahasiswa Pecinta Alam) yang bekerja sama denganPSIK (Perkumpulan Studi Ilmu Masyarakat). Acara”Susur Sungai Cikapundung” ini diikuti oleh 24 orang yang terdiri atas berbagai unit kegiatan ITBseperti PSIK, KMPA, Teknik Pertambangan, Nymphea,Planologi dan 3 orang pelajar dari SMP al-Huda dansatu pelajar dari SMK Dago.

Para mahasiswa Teknik Planologi 2004, meng-ikuti kegiatan tersebut dengan semangat menggebu.Mereka tidak menyangka bahwa dengan menyusurisungai dapat menjadi ajang rekreasi dari rutinitassehari–hari. Beruntung, hari itu hujan tidak turunyang dapat menyebabkan acara menjadi kacau karenamenyebabkan naiknya debit air dan menambah de-rasnya sungai sehingga dapat membahayakan diripeserta.

Selain menyusuri sungai dan melihat secara lang-sung kondisi Cikapundung, peserta juga diberikanwacana dan ajang diskusi yang disampaikan oleh Andre,mahasiswa Teknik Planologi 2002, mengenai konseppenataan ruang di Daerah Aliran Sungai (DAS) yangtetap memerhatikan lingkungan. Selain itu, pesertajuga diajak untuk mengambil sampah-sampah yangmencemari Sungai Cikapundung.

Ajang diskusi ini menimbulkan banyak pertanya-an dari peserta tentang bagaimana seharusnyamenata daerah sepanjang aliran sungai agar tidakmerusak lingkungan dan sungai yang ada. Diharapkandengan adanya acara ini para peserta yang ikutdapat mengetahui kondisi yang sebenarnya dariSungai Cikapundung dan apa yang terjadi denganlingkungan di DAS Cikapundung. Selain itu, mudah-mudahan para peserta dapat tergerak hatinya untuk lebih memerhatikan masalah lingkungan yang terjadi diBandung, khususnya Sungai Cikapundung.

BACA :  Contoh Memo Resmi Dan Tidak Resmi Serta Perbedaanya

Setelah kurang lebih 4 jam menyusuri SungaiCikapundung dan berbasah ria, sekitar pukul 14.20 acaramenyusuri sungai tersebut selesai dan keluar di daerahCiumbuleuit atas yang kemudian dilanjutkan denganpawai spanduk dan poster sampai kampus.

Sumber : itb.ac.id (Dikutip dari buku bahasa Indonesia)

Contoh Paragraf Naratif / Narasi Lainnya Singkat Dan Pendek

Pernah pada hari itu aku bermimpi bertemu dengan seorang kakek yang memiliki jenggot yang sangat panjang. Dia menyuruhku untuk pergi ke arah timur. Aku tak mengerti apa yang ia maksud. Setelah bangun, Keinginan ku untuk menuruti perintah si kakek itu pun semakin tak terbendung. Aku harus pergi ke arah timur. Timur ? Timur Laut ? Timur yang mana ? Jakarta Timur.

Pergilah yanto ke pasar dengan menggunakan sepeda kesukakaannya, setelah sampai dipasar dibelilah kebutuhan kebutuhan hidup yang ia perlukan untuk sang ayah yang sedang sakit sakitan. Setelah semuanya telah terbeli, ia kembali mengayuh sepedanya itu menuju rumahnya yang hanya berupa gubuk dipinggiran kota.

Contoh paragraf naratif diatas dibuat singkat dan pendek tanpa kerangka karangan nartif yang telah dikutip dari laman brainly.co.id