Contoh Gagasan Utama Dan Gagasan Penjelas & Bedanya

Contoh Gagasan Utama Dan Gagasan Penjelas – Kalian pasti suka membaca, bukan? Dengan membaca,kalian akan memperoleh ilmu pengetahuan serta wawasan yang lebih luas. Membaca berarti memahami ide atau gagasan yang dituangkan dalam cerita.

Buku apa sih yang sering banget kamu baca? Dalam setiap paragraf yang menyusun wacana terdapat beberapa gagasan. Apa itu gagasan ? Apa perbedaan Gagasan Utama dengan Kalimat Utama ? Nah dibawah ini kami berikan sedikit informasi perbedaan gagasan utama dan kalimat utamanya sebelum membahas ke contoh contoh gagasan utama.

Perbedaan Gagasan Utama dan Kalimat Utama

Gagasan tersebut merupakan gagasan utama atau disebut juga ide pokok. Gagasan pokok mengungkapkan inti permasalahan yang akan dibahas. Gagasan pokok disusun dalam satu kalimat yang dinamakan kalimat utama.

Gagasan utama suatu teks tercermin dari kalimat utama pada setiap paragraf. Kalimat utama biasanya muncul pada awal paragraf, tengah paragraf, atau akhir paragraf. Gagasan utama berisi pokok bahasan yang merupakan tema sebuah wacana. Tema ini kemudian dikembangkan melalui kalimat-kalimat pendukung. Kalian dapat mengetahui gagasan utama sebuah bacaan apabila kalian telah membaca sebuah wacana secara utuh.

Contoh gagasan utama dan contoh gagasan penjelas, silahkan baca bacaan dibawah ini!

Apakah teman-teman pernah berkirimsurat? Pasti sudah tahu dan mengenal kantor pos, bukan? Kantor pos adalah tempat mengirimkan surat, uang, atau pun paket berupa barang. Di kantor pos, kita juga bisa membeli benda-benda pos berupa perangko, sampul surat, materai, dan kartu pos. Selain kantor pos, ada juga bis surat dan pos keliling, lho!

Teman-teman, tahu tidak tentang sejarah perposan di Indonesia? Pos merupakan organisasi yang besar dalam pelayanan lalu lintas berita,uang, dan barang. Pos mulai beroperasi ribuan tahun yang lalu dan sekarang pos merupakan jaringan yang sangat penting di setiap negara.Sepanjang sejarah manusia, pelayanan pos merupakan salah satu jenis pelayanan komunikasi yang paling tua. Di seluruh belahan dunia,terdapat tanda-tanda adanya penyelenggaraan pelayanan pos di masa lalu yang ditata dalam organisasi secara teratur dan rapi, misalnya diTiongkok, Mesir, Persia, Romawi, dan bahkan di Amerika Selatan.

BACA :  Contoh Teks Eksemplum Singkat Pengalaman Pribadi

Mulainya penyelenggaraan pos hanya untuk kepentingan kerajaan guna penyaluran instruksi dan informasi. Lambat laun berkembang menjadi sarana komunikasi umum yang bersifat pelayanan murah kepada masyarakat. Hal ini terjadi sejalan dengan meningkatnya kesibukan manusia serta perkembangan dibidang perekonomian, perdagangan, dan perindustrian. Penyelenggaraan perposan di Indonesia sudah ada sejak kerajaan Sriwijaya dan Majapahit.

Di zaman Verenigne Oost-indiche Compagnie (VOC), perposan mulai berkembangdengan ditandai berdirinya kantor pos pertamadi Batavia (sekarang Jakarta) pada 1746.Pentingnya peranan pos waktu itu dapat terlihat atau terbaca pada pemberian nama”Jalan Pos Raya”, untuk nama jalan raya terpanjang yang pertama dibangun di Indonesia dari Anyer ke Panarukan. Melalui liku-liku perjalanan sejarah, perposan Indonesia terus berkembang menjadi salah satu perjuangan bangsa dan pendukung utama kegiatan umum pemerintahan dan pembangunan.

Dari tahun ke tahun, kegiatan pos dan perkembangannya semakin meningkat. Pos juga berfungsi menghilangkan isolasi daerah terpencil. Pos harus melayani komunikasi bagi semua penduduk di seluruh Wilayah Nusantara.Pembangunan sarana komunikasi pos relatif lebih murah, mudah, dan dalam jangka waktu yang relatif singkat jika dibandingkan dengan sarana komunikasi lainnya.

Pada hakikatnya, perposan Indonesia harus mampu menyediakan dan menciptakan pelayanan jasa pos yang menjangkau seluruh titik antar wilayah Indonesia dan dunia internasional dalam komunikasi.Sebagaimana yang kita rasakan saat ini,seluruh masyarakat di semua pelosok tanah air, baik insan individu maupun insan sosial membutuhkan pelayanan jasa pos yang semakin cepat, tertib dan aman, serta menjangkau jaringan pelayanan yang lebih luas lagi.

Catatan sebelum menentukan contoh gagasan utama dan gagasan penjelas

Perlu diketahui, gagasan utama merupakan fokus pembicaraan dalam paragraf.

Contoh gagasan utama paragraf tersebut adalah Pos mulai beroperasi ribuan tahun yang lalu dan sekarang pos merupakan jaringan yang sangat penting di setiap negara. Sepanjang sejarah manusia, pelayanan pos merupakan salah satu jenis pelayanan komunikasi yang paling tua.

BACA :  Contoh AutoBiografi Diri Sendiri Singkat

Contoh gagasan penjelas merupakan penjelasan-penjelasan dari fokus pembicaraan. Secara lebih jelas,perhatikan gagasan utama dan kalimat pendukung paragraf tersebut.

https://id.wikipedia.org/wiki/Gagasan