3 Contoh Daftar Pustaka Yang Baik Dan Benar Sesuai Urutan

3 Contoh Daftar Pustaka Yang Baik Dan Benar – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa itu bibliografi ? Bibliografi adalah nama lain dari daftar pustaka. Sebelum membahas lebih lanjut lagi, alangkah baiknya jika kita mengetahui apa pengertian dari daftar pustaka atau bibliografi itu ?

Pengertian Daftar Pustaka / Bibliografi

Daftar pustaka atau bibliografi adalah suatu daftar yang berisi judul buku atau bahan penerbitan yang berhubungan dengan karangan yang atau sedan disusun.

Selanjutnya apa sih fungsi dari penulisan daftar pustaka yang baik dan benar tersebut ?

Fungsi Daftar Pustaka

  1. Yang pertama adalah untuk memandu dan melihat kembali pada sumber aslinya
  2. Yang kedua adalah untuk melihhat kebenaran bahan yang dikutip baik itu dalam makalah, buku ataupun yang lainnya.

Langkah selanjutnya adalah bagaimana cara menulis daftar pustaka yang baik dan benar sesuai kaidahnya ? Menulis daftar pustaka tidak bisa sembarangan, ada beberapa yang harus diperhatikan dalam menulis sebuah daftar pustak yaitu urutannya tanda titik dan koma juga harus diperhatikan. Penulisan daftar pustaka dari makalah, internet, jurnal, skripsi dan karya ilmiah pun berbeda beda jadi tidang sembarangan. Sebelumnya kami juga pernah membahas mengenai catatan kaki yang bisa kalian lihat dibawa ini :

BACA :  Contoh Catatan Kaki Dari Artikel, Buku & Internet

Langkah Menulis Catatan Kaki Yang Benar Dan Urutan Penulisan Daftar Pustaka Yang Baik Dan Benar

Penulisan daftar pustaka harus mengikuti aturan sebagai berikut :

Nama, Tahun, Judul, Kota Terbit, Dan Penerbit.

Beberapa yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :

  1. Jika memiliki nama yang lebih dari dua kata, maka penulisan nama terakhir ditulis di depan dan harus diikuti dengan tanda koma (,).
  2. Kedua penulisan judul buku ditulis dengan huruf miring atau garis bawah.
  3. Sedangkan tanda baca untuk memisahkan adalah dengan menggunakan tanda titik (.), kecuali antar kota dengan penerbit yaitu dengan tanda baca titik dua (:).

3 Contoh Daftar Pustaka Dari Buku, Artikel Dalam Majalah/Koran & Artikel Koran Tanpa Pengarang

Contoh Daftar Pustaka Dari Buku

Sebuah buku ditulis oleh Sutan Takdir Alisyahbana pada tahun 1975 yang berjudul Puisi Baru yang diterbitkan di Jakarta oleh penerbit Pikiran Rakyat, maka penulisan daftar pustaka yang benar adalah sebagai berikut :

Alisyahbana, Sutan Takdir. 1975. Puisi Baru. Jakarta : Pikiran Rakyat.

Contoh Daftar Pustaka Dari Majalah Atau Koran

Panera, J. D. “Bahasa Indonesia dan Bahasa Daerah Dilihat dari Sosiopolitikolinguistik”. Analisis Kebudayaan. Depdikbud tahun IV No 3 1983/1984.

Contoh Daftar Pustaka Dari Koran Tanpa Pengarang

Jawa Pos. 1995. 22 April. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri. hlm.3.

Nah demikianlah artikel kali ini mengenai pengertian daftar pustaka atau bibliografi, fungsi daftar pustaka, cara penulisan daftar pustaka yang baik dan benar sesuai urutannya dan contoh daftar pustaka yang berbeda beda baik itu dari buku, majalah ataupun koran. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat.

Share This