Contoh Batuan Beku Luar Dalam Korok Sedimen Metamorf

Contoh Batuan Beku Luar, Dalam, Korok, Sedimen dan Metamorf Beserta Ciri-cirnya – Beberapa bulan yang lalu Indonesia memang heboh sama yang namanya batu akik, namun pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas batu akik, namun akan memberikan materi berupa pengertian batuan beku, contoh batuan beku, jenis-jenis batuan beku serta fungsi atau kegunaan batuan beku baik itu batuan beku luar, dalam, metamorf, sedimen ataupun korok.

Pengertian batuan beku adalah batuan yang terbentuk karena proses pembentukan anatar magma dan juga lava yang membeku. Magna adalah batuan cair yang sangat amat panas yang berada didalam perut bumi atau kerak bumi, sedangkan Lava adalah magma yang telah mencapai atau keluar dari permukaan bumi. Sudah tau perbedaan Batuan beku, Magma dan Lava ?

Jenis-jenis batuan beku, ciri-ciri dan contoh batuan beku, sedimen & metamorf

 

Batuan Beku Dalam

Batuan beku dalam atau sering juga disebut batuan beku pluktonik adalah batuan beku yang terbentuk karena proses magma yang terjadi dibawah permukaan bumi. Proses pembentukan batuan beku dalam ini terjadi sangat lambat, sehingga membuat beberapa contoh batuan beku ini memiliki ciri-ciri bentuk yang kasar dan juga mengkristal atau holokristalin.

Contoh batuan beku dalam diantaranya : sienit, granit, diorit dan gabro.

Batuan Beku Luar

Batuan beku luar atau juga disebut sebagai batuan beku vulkanik adalah batuan yang terbentuk karena proses pembekuan magma yang terjadi di permukaan bumi. Dalam proses pembentukan batuan luar atau vulkanik ini terjadi sangat cepat, sehingga batuan beku luar memiliki ciri-ciri bentuk yang halus dan juga tidak mengkristal atau bahkan kristalnya sangat-sangat halus sekali.

BACA :  Contoh Anekdot Singkat Tentang Pendidikan Dan Hukum

Contoh batuan beku luar diantaranya : batu basalt,batu obsidian,batu liparit,batu desit, batu andesit dan batu trachit.

Batuan Beku Korok

Batuan beku korok adalah batuan yang terbentuk karena proses penyusupan magma yang terjadi pada celah-celah litosfer pada bagian atas dan kemudian menjadi beku. Oleh sebab itu, biasanya batuan beku korok posisinya sangat dekat dengan permukaan bumi.

Contoh batuan korok diantaranya : batu granit,batu diorit,batu porfit dan batu orddinit.

Batuan Sedimen atau Batuan Endapan

Batuan sediman adalah batuan yang terbentuk karena hasil pengendapan atau pelapukan dan pengikisan dari batuan yang dihanyutkan oleh air ataupun terbawa oleh diuoan angin. Kemudian endapan itulah yang menjadi keras akibat tekanan atau adanya zat-zat yang merekat pada bagian endapan tersebut.

Contoh batuan sedimen atau endapan diantaranya : batu konglomerat, batu pasir, batu serpih, batu gamping / kapur, batu breksi, batu stalaktit dan stalagmit dan batu lempung.

Batuan Metamorf atau Batuan Balihan

Batuan metamorf atau batuan malihan ini adalah batuan yang terbentuk dan berasal dari batuan sedimen dan batuan beku yang mengalami perubahan karena adanya panas dan juga tekanan.

Contoh batuan metamorf atau balihan diantaranya : Batu pualam atau batu marmer, batu sabak, batu gneiss (ganes), batu sekis, batu kuarsit, dan batu milonit.

https://id.wikipedia.org/wiki/Batuan_beku

Share This