Contoh AutoBiografi Diri Sendiri Singkat

Contoh AutoBiografi Diri Sendiri Singkat – Mungkin kata biografi sudah tidak asing lagi di telinga teman-teman semua. Mungkin semuanya sudah tau apa arti biodgrafi, buat kalian yang belum tahu pada kesempatan kali ini kita bakalan belajar apa itu pengertian autobiografi dan contoh autobiografi diri sendiri. Biografi dan Auto biografi pun berbeda ? Kenapa disebut berbeda ? apa yang membedakan autobiografi dan biografi ? yuk simak pembahasan mengenai autobiografi dan biografi disini.

 

Pengertian Biografi

Biografi sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu bios dan graphien, bios berarti artinya hidup sedangkan graphien yang artinya berarti tulis. Jadi dengan begitu biografi adalah tulisan yang berisi tentang kehidupan seseorang. Biografi sendiri dengan kata lain biasa dikatakan dengan riwayat hidup. Kita bisa tahu hubungan seseorang, kejadian, misteri dan hal lainnya yang bisa kita temukan dari biografi seseorang. Biografi biasanya banyak menceritakan kehidupan orang orang hebat dan tokoh terkenal ataupun tidak namun juga demikian biografi tentang orang yang biasa juga akan menceritakan satu atau bahkan lebih tempat dan juga masa tertentu.

 

Perbedaan antara contoh Autobiografi dan Biografi :

Autobiografi biasanya ditulis sendiri oleh tokoh yang tercatat perjalanan ataupun riwayat hidupnya.

Biografi sendiri biasanya ditulis oleh orang lain yang sudah memiliki izin penulisa, nah Biografi kemudian dibagi lagi menjadi 2 yaitu :

  1. Authorized biography : yaitu biografi yang penulisannya sudah seizin dan juga sepengetahuan dari tokoh yang ada di dalam biografi tersebut.
  2. Unauthorized biography : yaitu biografi yang ditulis oleh seseorang dimana tanpa sepengetahuan dan juga seizin dari tokoh yang ada didalamnya (Unauthorized biography ini biasa digunakan untuk menulis biografi orang-orang yang sudah meninggal atau wafat)

 

Bentuk tulisan jenis narasi yang lain adalah aotobigrafi dan biografi.

  • Perbedaan antara tulisan autobigrafi dan biografi terletak dalam masalah naratornya (pengisahnya).Pengisah dalam auotobigrafi adalah tokohnya sendiri, sedangkan pengisah dalam biografi adalah orang lain.
  • Keduanya mempunyai kesamaan, yaitu menyampaikan kisah yang menarik mengenai kehidupan dan pengalaman-pengalaman pribadi.
  • Karena wacana ini mengisahkan pengalaman-pengalaman dan kehidupan pribadi seseorang, maka pola umum yang dikembangkan adalah riwayat hidup pribadi seseorang, urutan-urutan peristiwa atau tindak-tanduk yang mempunyai kaitan dengan kehidupan seorang tokoh.
  • Sasaran utama autobiografi dan biografi adalah menyajikan atau mengemukakan peristiwa-peristiwa yang dramatis dan berusaha menarik manfaat dari seluruh pengalaman pribadi yang kaya raya itu bagi pembaca dan masyarakat lainnya.
  • Aotobiografi dan biografi mengisahkan pengalaman secara faktual, dan karenanya akan dijamin keautentikan dan citarasa yang sesungguhnya.
  • Aotobiografi dan biografi dijalin dalam rangkaian secara manis, langsung, dan sederhana, serta cara menceriterakannya juga menarik.
BACA :  Contoh Invitation Card Dalam Bahasa Inggris Lengkap

Nah jadi sudah tau kan apa pengertian autobiografi ? dibawah ini saya akan berikan contoh auto biografi diri sendiri.

 

 

Contoh AutoBiografi Diri Sendiri Singkat

Nama saya Yohanes Gregorius Rascal Silvent Sutomo , tapi entah kenapa nama saya di ijasah dan KTP hanya tertuliskan SILVEN saja. Mungkin untuk memudahkan mengingat nya dan memanggil nya (kalau saya waktu kecil bisa bicara pasti saya minta nama sendiri). Tapi saya tetap bersyukur atas nama yg diberikan oleh orang tua saya, soal nya nama nya jarang sekali, bahkan tidak da 1 dalam 1 kota (narsis). Saya lahir di sebuah pulau yang sangat kaya akan mineral tambang nya, yaitu timah. Tepat nya di Pangkal Pinang pulau Bangka (kalau sekarang disebut Kepulauan Bangka Belitung).

Terlahir di tanggal 13 Januari 1989 , di hari jumat pada pukul 17.00 , membuat saya sering dianggap lahir di tanggal yang kurang baik. Kalau di ejek pasti pada bilang lahir di tanggal 13 bulan 13 , karena januari itu bulan setelah desember maka sering di bilang bulan 13 juga (13 angka yang kurang baik bagi beberapa orang). Tapi untuk pribadi saya itu adalah hari sangat terbaik, bukan hari sial seperti orang – orang bercerita, karena saya lahir sempurna, dan ibu saya juga sehat – sehat saja (betul tidak).

Saya tidak terlalu ingat masa – masa saya di Pulau Bangka ataupun masa – masa waktu saya masih bayi, karena yang ada di memori saya adalah hanya saat saya berada di Jakarta. Ya walupun begitu, cerita dari kedua orang tua bisa menjadi suatu bayangan saat saya berada di Pulau Bangka, karena katanya waktu saya masih bayi , saya sudah terkena asma, dan untuk mengilangkan nya, saya suka di mandikan di airlaut, karena rumah lama saya di Bangka, langsung berhubungan dengan laut. Jadi di belakang rumah saya ada perkebunan seperti pohon – pohon buah, lalu setelah kebun itu langsung bisa ke pantai (kebayangkan seru nya).

BACA :  Contoh Soal Akuntansi Perusahaan Dagang

Saya pindah ke Jakarta sekeluarga sekitar saat saya berumur 1 – 2 tahun , yang saya ingat dari memori saya adalah pertama kali pindah rumah saya di Pondok Gede, masih ngikut dirumah nenek saya. Setelah itu baru saya pindah ke daerah Komplek Duta Indah , Jati Makmur. Tahun 1994 saya masuk Taman Kanak – kanak (TK) , pertama kali saya mulai jenjang pendidikan di TK Mutiara , komp.Duta Indah.

Saya sangat senang sekali bersekolah dulu, karena saya termasuk kalangan orang yang pendiam saat itu. Sewaktu TK saya pernah punya temen dekat, yang saya ingat itu ada Lescha, Samuel, Alif, Avena (pada kemana ya sekarang). Tahun 1996 saya mulai memasuki jenjang sekolah dasar. Saya sekolah di SDK Pamardi Yuwana Bahkti , komp. DDN. Karena saya cukup pendiam, di masa masa SD saya sering sekali mendapat peringkat kelas, 1 – 2 – 3 , tidak pernah tidak dapat.

Setiap hari nya saya yg masih berumur 7 tahun suka sekali belajar di rumah (kalau tidak, tidak diperbolehkan bermain keluar rumah). Lagipula kesukaan saya belajar karena selalu di janjikan di belikan apa saja yg minta asal mencapai target rangking. Seperti halnya adalah jaman nya game control SEGA , inlineskate, dan lain – lain nya.

Dimasa – masa saya SD banyak hal yang saya lewati, dari mulai jaman nya masih menggunakan pager , lalu mulai ada handphone yang masuk. Kalo tidak salah itu jaman nya Sony , sampai pertama kalinya nokia mengeluarkan hanphone yang bisa untuk SMS an . Saya juga masih mengalami jaman disaat permainan tradisional masih sangat populer di kalangan anak – anak kecil seperti saya, dari mulai main ‘tak jongkok’ , ‘benteng’ , ‘gerobak sodor’, ‘kelereng’, ‘tak umpet’, sampai ‘layang – layangan’ dan lain – lainnya (coba anak jaman sekarang, pasti sudah main PC).

 

 

Contoh AutoBiografi Bahasa Inggris Bukan Bahasa Sunda

My name is Michael Smith and I was born on the 30th of August, 1967 in Long Beach, California. My parents were Eddie Smith and Joan Smith. Both of my parents are deceased.My mom died at the age of 57 in 1994 from lung cancer which was the result of smoking her whole lifetime. My father died at the age of 69 in 2006 from a massive heart attack, which was also the likely result from a lifetime of smoking. Fortunately I have been smart enough to avoid that bad habit.

BACA :  Contoh Cover Makalah Yang Benar Untuk SMA/Mahasiswa

My early childhood was a typical middle class environment circa the 1960’s. My dad worked for Simpson Buick as a parts salesman and my mom was a stay at home mother. I had a happy, normal childhood as an only child, leaving me somewhat spoiled.

My mom and dad divorced when I was eight years old and both remarried within a year or so of the divorce. My dad remained married to my stepmom Bev until his death. My mom would marry two more times. My first stepdad Vince became a big part of my life and I maintained close contact with him until his death in 2006, two days after my real dad died. Yes, that was a very bad week, losing both of my dads.

Growing up with split parents was not especially difficult since each of my parents kept me out of their divorce and they got along fine at events where both of them were present. I lived with my mom until I was 16 and in high school. By my sophomore year in high school I had begun to hang around with friends that got me into a lot of trouble with a number of things including smoking pot and drinking. I was rapidly heading down a negative path, but was fortunate enough to notice it before I had done any serious damage. I moved in with my dad and changed high schools and friends.

 

Buat kalian yang cari versi lengkap contoh autobiografi diri sendiri bisa kunjungi link dibawah ini :

https://www.scribd.com/doc/68795040/AUTOBIOGRAFI-DIRI-SAYA (contoh autobiografi bahasa indonesia)
http://www.phoenix.edu/content/dam/altcloud/doc/academics/Sample-Autobiography.pdf (contoh autobiografi bahasa inggris bukan bahasa sunda)

Share This